Bagaimana Saya Bisa Memulai Bisnis Dengan Modal Sangat Sedikit?




Memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil memang sangat menantang, tetapi bisa dilakukan. Pengusaha sering gelisah dan selalu tergoda untuk "memulai" dengan ide bisnis bahkan ketika Anda tidak memiliki semua yang Anda butuhkan. Kami mengagungkan "bootstrapping bisnis" dan mengidolakan perusahaan seperti Mary Kay dan Domino's Pizza yang dimulai dengan beberapa ratus dolar. Tetapi kenyataannya adalah jika Anda kehabisan uang tunai, Anda sudah selesai - bahkan jika bisnis Anda "secara teknis" menguntungkan. Memulai dengan modal yang sangat kecil akan bekerja paling baik jika Anda dibayar segera, memiliki overhead yang rendah, dan tidak memiliki persediaan atau biaya tenaga kerja yang tinggi.

Dilangsir dari techbanget, dalam bisnis apa pun, arus kas adalah segalanya dan sering kali ada kesenjangan besar antara saat Anda dibayar dan saat tagihan jatuh tempo. Pengeluaran tak terduga, penipuan, atau default pelanggan dapat menenggelamkan seluruh bisnis Anda jika Anda tidak memiliki bantalan atau jalur kredit dengan bank. Beberapa pengusaha telah menggunakan kartu kredit pribadi untuk menjaga segala sesuatunya tetap berjalan. Pada suatu waktu, saya memiliki $50.000 dalam piutang dan deposito yang menunggu untuk dilunasi, sambil secara bersamaan mencari di bantal sofa saya untuk uang receh dan meminjam dari teman dan keluarga untuk menyalakan lampu sampai pembayaran masuk. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, masalah ini akan senyawa melewati titik di mana kartu kredit dan pinjaman pribadi dapat membuat Anda bertahan.

Jika Anda akan memulai dengan modal yang sangat kecil, Anda perlu merencanakan dengan hati-hati dan menghemat semua uang yang Anda bisa. Ini dimulai dengan model bisnis Anda. Idealnya, Anda memulai bisnis dengan biaya overhead yang sangat kecil, dengan Anda sebagai sumber tenaga kerja utama, dan model yang dapat berkembang seiring pertumbuhan Anda. Ingatlah bahwa bisnis apa pun dengan model ini akan memiliki banyak pesaing, jadi Anda harus bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan.

Beberapa hal yang perlu diingat:

  • Jangan menghabiskan satu dolar tanpa memikirkan bagaimana dolar itu akan mengembangkan bisnis Anda. Jika apa yang Anda beli tidak membuat Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan atau memungkinkan Anda melayani lebih banyak pelanggan, jangan membelanjakannya . Menjaga pola pikir ramping akan membuat Anda tetap rendah hati dan fokus. Jaga agar biaya Anda tetap rendah dan buat setiap dolar berharga.
  • Rekening bisnis Anda bukanlah celengan pribadi Anda. Bersiaplah untuk menerima sedikit atau tidak sama sekali gaji untuk tahun pertama bisnis Anda, bahkan saat membayar karyawan. Untuk beberapa tahun pertama bisnis Anda, Anda mungkin menjadi karyawan dengan bayaran terendah. Turunkan pengeluaran pribadi Anda sedekat mungkin dengan nol.
  • Jangan berasumsi Anda harus membeli segalanya untuk bisnis Anda . Sewa tersedia untuk hampir semua hal. Jika Anda baru memulai bisnis Anda tidak akan memenuhi syarat untuk jalur kredit tanpa Anda secara pribadi menandatangani dan menjamin pinjaman. Tetapi jika Anda dapat menyewa peralatan seharga $50/bulan versus membelinya seharga $1.000 saat Anda memulai, Anda dapat menggunakan $950 untuk hal lain.
  • Manfaatkan kemampuan cloud dan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS). Sebelum Anda menghabiskan satu dolar untuk perangkat lunak apa pun, lihat apakah tersedia alternatif yang dapat digunakan untuk biaya bulanan - perangkat lunak akuntansi, CRM, perencanaan penjualan, manajemen proyek, email, penyimpanan file cloud. Aplikasi cloud memungkinkan Anda membayar per pengguna per bulan dan Anda dapat meningkatkan atau menurunkan sesuai kebutuhan bisnis Anda berubah.
  • Menunda membuka ruang kantor fisik kecuali Anda benar-benar harus. Ruang kantor mahal, dan kecuali Anda perlu bertemu pelanggan di kantor Anda atau memiliki ruang ritel atau manufaktur fisik, jangan buka kantor. Saya bekerja untuk sebuah perusahaan konsultan yang tidak membuka kantor selama hampir 18 bulan setelah mereka mulai. Pada saat itu, mereka menghasilkan lebih dari $ 1 juta pendapatan tahunan.
  • Jangan membeli peralatan baru. Bisnis jatuh sepanjang waktu. Hampir semua yang Anda butuhkan mulai dari perabot kantor hingga peralatan manufaktur dapat dibeli bekas. Bicaralah dengan bankir bisnis Anda - mereka sering mengetahui bisnis lain yang bangkrut dan dilikuidasi dan bank ingin aset ini dihapus dari pembukuan mereka. Terkadang Anda bisa masuk ke bisnis dengan modal yang sangat kecil. Mereka tidak punya cukup uang untuk mengganti tanda, jadi mereka mengeditnya dengan cepat).
  • Jadikan bankir bisnis Anda sebagai teman terbaik Anda. Jika bisnis Anda menerima uang tunai atau cek dalam pembayaran layanan, bawa setoran tersebut ke cabang Anda selama jam kerja dan pastikan Anda menyapa manajer bank dan manajer perbankan bisnis setiap minggu. Pada akhirnya, Anda akan memerlukan jalur kredit atau pinjaman dari bank dan itu bukan pertama kalinya Anda ingin bertemu dengan seorang bankir. Jika mereka tahu siapa Anda dan mereka sering melihat Anda, Anda akan lebih mudah mendapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya.
  • Pelajari beberapa prinsip dasar akuntansi. Anda tidak harus menjadi seorang CPA atau bahkan seorang akuntan (Anda selalu dapat menyewanya), tetapi Anda perlu memahami bagaimana melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dan dapat menentukan aktivitas mana yang menguntungkan dan mana yang tidak. Anda juga harus dapat memperkirakan arus kas - saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Peristiwa dan pengeluaran tak terduga akan muncul. Tanpa modal yang cukup, Anda bisa terlihat sukses ke dunia luar dan tetap gulung tikar. Semakin banyak Anda tahu tentang bisnis Anda, semakin banyak kontrol yang Anda miliki.
  • Jadilah lambat untuk menyewa. Karyawan penuh waktu adalah overhead yang sangat besar, dan Anda dapat menyewa layanan bisnis dan pekerja lepas untuk melakukan hampir semua kebutuhan bisnis Anda sampai Anda berada pada skala di mana Anda membutuhkan karyawan penuh waktu - dan bahkan kemudian 2 atau 3 pekerja lepas paruh waktu yang dapat diandalkan mungkin masih pilihan yang lebih baik.
  • Pilih pelanggan berkualitas atau kuantitas: Pelanggan baik yang mudah diajak bekerja sama dan membayar tepat waktu lebih baik daripada tiga pelanggan buruk yang membelanjakan dua kali lebih banyak tetapi tidak pernah membayar tepat waktu dan sulit dihadapi. Jika Anda melacak waktu yang dihabiskan untuk berurusan dengan pelanggan yang buruk, Anda akan segera mengetahui bahwa Anda benar-benar kehilangan uang. Jangan takut memecat pelanggan Anda.

Ingatlah selalu bahwa "uang tunai adalah raja" dan laba bersih (apa yang sebenarnya Anda simpan setelah semua tagihan dibayar) lebih penting daripada tujuan pendapatan yang tinggi. Jika Anda kehabisan uang tunai, dan tidak dapat mengamankan jalur kredit (atau telah kehabisan jalur kredit Anda), Anda sudah selesai. Untuk menjadi sukses, Anda benar-benar harus fokus pada aktivitas dan investasi bernilai tinggi yang menumbuhkan bisnis Anda.

Di sisi positifnya, kebiasaan yang Anda pelajari untuk mengembangkan bisnis ramping akan membantu Anda dengan baik di masa depan. Terkadang memiliki terlalu banyak modal awal lebih buruk untuk sebuah bisnis - ini memberikan ilusi awal kesuksesan dan mengarah pada proses dan praktik bisnis yang sia-sia. Dengan memulai lean, Anda akan cenderung mempertahankan praktik keuangan yang disiplin seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGECATAN MARKA JALAN

Panduan Memilih Kontraktor HVAC Profesional untuk Sistem Pendingin yang Tepat: Langkah Kunci untuk Kenyamanan Berkelanjutan

Expediheal.com: Solusi Terbaik Pengobatan Kanker dengan Imunoterapi di Rumah Sakit Modern